Sistem Penjualan terhadap Peningkatan Penjualan Motor (Studi pada PT. Honda Sidoarjo)
DOI:
https://doi.org/10.47134/innovative.v1i2.68Keywords:
Sistem Penjualan Tunai, Sistem Penjualan Kredit, Peningkatan Penjualan MotorAbstract
Program akuntansi perdagangan tunai dan kredit akan terkomputerisasi dalam mengelola dan menggunakan komputer sebagai alat pencatatan informasi keuangan secara akurat, efektif dan efisien sehingga memudahkan dalam pengambilan data administrasi yang berguna bagi manajemen dalam memberikan kemudahan pelaporan keuangan secara berkala kepada konsumen di dalam maupun di luar perusahaan. Pasalnya, dalam dua tahun terakhir, industri otomotif sedang tidak baik sejak adanya virus Covid-19 yang menyebabkan penjualan turun drastis. Oleh karena itu, pendapatan seseorang yang tidak stabil menyebabkan penurunan di sektor perdagangan. Alhasil, satu-satunya kebijakan yang bisa diambil oleh Dealer PT. Honda Sidoarjo untuk meningkatkan penjualan adalah dengan memberikan cara kredit yang mudah untuk membeli sepeda motor Honda. Sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan pemilihan kepala pemasaran, keuangan dan cabang dengan jumlah sampel sebanyak 83 staf dari 16 cabang dealer Honda di Sidoarjo. Hasil yang diperoleh Penjualan Tunai dan Penjualan Kredit berpengaruh signifikan dan secara simultan berpengaruh terhadap Peningkatan Penjualan Sepeda Motor.
References
Anggraeni. (2019). Pengaruh Penjualan Tunai,Penjualan Kredit Dan Penetapan Harga Terhadap Laba Penjualan Produk Pipa Set Hd Inverter 1 Pk Pada Pt. Sumber Mandiri Cabang Kenjeran Surabaya. DOI: https://doi.org/10.30996/jem17.v3i2.3460
Azhar, S. (2008). Sistem Informasi Akuntansi.
Basu, S. (2005). Manajemen Penjualan.
Brilliany, E., & Nomleni, A. P. W. (2022). Pengaruh Celebrity Endorser, Citra Merek Dan Kepercayaan Merek Terhadap Minat Beli Konsumen Produk Scarlett. J. Ris. Manaj. dan Akunt., 2(1), 72–77. https://doi.org/10.55606/jurima.v2i1.153 DOI: https://doi.org/10.55606/jurima.v2i1.153
Fitriani, U. (2016). Pengaruh Sistem Penjualan Kredit Di Pt. Surya Putra Sumatera Raya Ii Pasir Putih Pasir Pengaraian Terhadap Penarikan Sepeda Motor Yamaha. Pengaruh Sistem Penjualan Kredit Di Pt. Surya Putra Sumatera Raya Ii Pasir Putih Pasir Pengaraian Terhadap Penarikan.
Gunawan, I., & Purnama, A. (2019). Analisis Dampak Penjualan Kredit Terhadap Perkembangan Usaha Mikro Di Kota Serang. Prog. J. Pendidikan, Akunt. dan Keuang., 2(2), 93–107. https://doi.org/10.47080/progress.v2i2.569 DOI: https://doi.org/10.47080/progress.v2i2.569
Handoyono, N. A., & Purnomo, S. (2020). Identifikasi Kebutuhan Pembelajaran Praktik Servis Sepeda Motor dengan Konsep Teaching Factory. WACANA Akad. Maj. Ilm. Kependidikan, 4(2), 106. https://doi.org/10.30738/wa.v4i2.7730 DOI: https://doi.org/10.30738/wa.v4i2.7730
Harly, G. S., & Octavia, D. (2014). The Impact of Endorsement Fashion Blogger Towards Purchase Intention on Local Brand (2013 - 2014). J. Manaj. Indones., 14(2), 140–152. DOI: https://doi.org/10.25124/jmi.v14i2.358
Hasriani. (2018). Analisis Sistem Penjualan Kendaraan Bermotor Pada Kantor Cv. Mitra Angkasa Jaya Utama (Maju) Kabupaten Gowa.
Jasasila, J. (2018). EKONOMIS: Journal of Economics and Business Vol.2 No.1 Maret 2018, 2(1), 13–28. DOI: https://doi.org/10.33087/ekonomis.v2i1.31
Kotler, & Amstrong. (2012). Sistem Informasi Akuntansi Pemasaran.
Lupiko, R. F., & Waloejo, H. D. (2018). Pengaruh Inovasi Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Supra X 125. J. Adm. Bisnis, 7(1), 38. https://doi.org/10.14710/jab.v7i1.22608 DOI: https://doi.org/10.14710/jab.v7i1.22608
Mardi, W. (2004). Dampak Prosedur Penjualan Kredit.
Marsudi, D., Mufti, A., & Lestari, M. (2020). Perancangan Sistem Aplikasi Penjualan Sparepart pada Toko Kim Jaya Motor. J. Ris. dan Apl. Mhs. Inform., 1(03), 376–383. https://doi.org/10.30998/jrami.v1i03.382 DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v1i03.382
Muhani, & Sumiati. (2016). Pengaruh Penjualan Tunai Dan Penjualan Kredit Terhadap Laba Pada Industri Bengkel Las Diana Di Palopo. DOI: https://doi.org/10.35906/jep01.v1i2.113
Mujahidah, A. Sitorus, M. C., & Kuriawan. (2016). Analisis Sitem Informasi Penjualan Pada Pt Hadji Kalla (Toyota) Cabang Pinrang.
Mulyadi. (2008). Sistem Akuntansi Penjualan Kredit.
Nisa, C., & Suherman, A. (2020). Piutang Pada Pt Sinar Sosro Kantor Penjualan ( Kp ) Sukabumi. Semin. Nas. Akunt. Iii Univ. Pamulang, 384–391.
Nurdiwati, D. (2018). Meningkatkan Pengendalian Internal Pada Dealer Agung Motor Nganjuk.
Nurfitriyenni & Ekonomi, I. (2019). JUSIE. III(April), 193–202. DOI: https://doi.org/10.36665/jusie.v3i02.90
Paramita, E. (2019). Analisis Penyebab Piutang Tak Tertagih dan Dampaknya Terhadap Profitabilitas Perusahaan pada PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk Unit Corn Dryer Gowa Financial and Accounting Department. Available at http://repository.stienobel-indonesia.ac.id/handle/123456789/133
Rachmawati, S. (2008). Pengaruh Sistem Informasi Akuntansi Penjualan Terhadap Efektivitas. 14(2), 128–135. https://www.academia.edu/27848137/Pengaruh_Sistem_Informasi_Akutansi_Penjualan_Terhadap_Efektivitas_Pengendalian_Piutang_Pada_Pt_Permata_Finance_Samarinda DOI: https://doi.org/10.51903/e-bisnis.v14i2.524
Saputra, A. (2018). Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi Penjualan Sepeda Motor Honda Pada Cv. Surya Kuansing Teluk Kuantan. Available at http://repository.uin-suska.ac.id/7754/
Sari, R. P. (2017). Sistem Penjualan Kredit Kendaraan Bermotor Roda Dua Pada Pt Astra International Tbk – Hso Yogyakarta.
Sitorus, A. (2021). Pengaruh Penjualan Tunai Dan Penjualan Kredit Terhadap Profitabilitas Perusahaan Pada PD Gloria Bandung. J. Financ., 2(1), 13–23. Available at http://ejurnal.ars.ac.id/index.php/financia/article/view/409
Soemarso. (2009). Dampak Prosedur Penjualan Kredit.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.
Sutopo, S. (2012). Akuntansi Penjualan.
Universitas, D. M. P., Universitas, M. P., & Kredit, P. (2016). Kredit Terhadap Profitabilitas Pada Pt. Astra International Tbk. - Honda Sales Operation.
Wahyono, T. (2015). Sistem Informasi. Salemba Empat.
Weygandt, K., & Weygandt, K. (2013). Sistem Informasi Akuntansi Penjualan Tunai dan Kredit. Edisi Tiga.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Qiflainy Shalsa Desita Muttaqin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.