Pengaruh Variasi Model Body Formula SAE (Formula Society of Automotive Engineers) terhadap Efisiensi Kerja dengan Uji Simulasi Aerodinamika
DOI:
https://doi.org/10.47134/innovative.v3i3.111Keywords:
Koefisien Drag, Avg, Pressure, Solidworks 2022- Flow SimulationAbstract
Bentuk bodi yang aerodinamis merupakan faktor penting dalam perlombaan balap mobil seperti kontes mobil FORMULA SAE (formula society of automotive engineers). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya hambat pada bodi kendaraan (Drag Force) dan mengetahui bagian-bagian bentuk bodi yang memiliki tingkat pressure yang lebih. Selanjutnya, dilakukan simulasi pendekatan CFD dengan menggunakan software solidwork 2022–flow simulation dengan perbandingan koefisien drag dan pressure dan pemberian kecepatan konstan yaitu 100 km/jam pada tiga variasi sudut nose yang berbeda. Hasil simulasi didapatkan nilai koefisien drag rata-rata pada desain variasi nose dengan sudut yaitu 30 mm sebesar -0.386.16 N, sedangkan pada variasi nose sudut 60 mm sebesar -0.490.39 N, dan pada variasi nose sudut 90 mm sebesar 0.497.46 N. Melalui simulasi ini di dapatkan avg. Pressure tertinggi terdapat pada variasi sudut nose bodi mobil, dimana desain dengan variasi sudut nose 90 mm yang mana lebih aerodinamis dibandingkan dengan desain variasi sudut nose 30 mm dan 60 mm karena memiliki nilai avg pressure yang lebih kecil yaitu sebesar 101740.92 Pa.
References
Atmika, I. K. A., & Lokantara, I. P. (2010). Tinjauan Beban Aerodinamis Terhadap Kinerja Stabilitas Arah Kendaraan, 4(2).
Banga, S., Ansari, N. A., Sharma, S., & Dungriyal, R. S. (2015). CFD Simulation of Flow around External Vehicle: Ahmed Body, 12(4), 87–94. doi:10.9790/1684-12438794. DOI: https://doi.org/10.9790/1684-1204038794
Barus, C. B., Affif, J. M., Mesin, J. T., Industri, F. T., Trisakti, U., & Pustaka, S. (2018). Modifikasi dan Analisa Aerodinamika Body Mobil Gladiator 2 Pnj Dengan Menggunakan Metode Computational Fluid.
Bradford, A. (2023). Racing With ROS 2 A Navigation System for an Autonomous Formula Student Race Car. Australasian Conference on Robotics and Automation, ACRA.
Crossan, M. M. (2023). Leader Character in Engineering Projects: A Case Study of Character Activation, Contagion, and Embeddedness. IEEE Transactions on Engineering Management. https://doi.org/10.1109/TEM.2023.3287191 DOI: https://doi.org/10.1109/TEM.2023.3287191
Febrianto, W. S., & Lianto, F. (2020). Penerapan Hukum Bernoulli Pada Konsep Perancangan Galeri Pesawat Terbang Dan Kantor Sewa di Kemayoran. Jurnal Muara Sains, Teknologi Kedokteran, dan Ilmu Kesehatan, 4(2), 381–388. DOI: https://doi.org/10.24912/jmstkik.v4i2.6113
Fu, Y. (2023). Improved model predictive control for autonomous racecar trajectory tracking. Proceedings of SPIE - The International Society for Optical Engineering, 12922. https://doi.org/10.1117/12.3009023 DOI: https://doi.org/10.1117/12.3009023
Garc, D., Ramos, P., Engineering, M., & Engineering, M. (2013). Aerodynamic Design of Formula Student Car.
Hakim, R., & Nugroho, C. B. (2018). Desain dan Analisa Aerodimanika Dengan menggunakan Pendekatan CFD Pada Model 3D Untuk Mobil Prototype 'Engku Putri'.
Hasan, A. (2023). Lightweight Design and Analysis of Steering Knuckle of Formula Student Car Using Topology Optimization Method. World Electric Vehicle Journal, 14(9). https://doi.org/10.3390/wevj14090233 DOI: https://doi.org/10.3390/wevj14090233
Jumini, S. (2013). Gaya Aerodinamik dalam Penerbangan Perspektif Q.S. An-Nahl: 79. Jurnal Studia Al-Quran dan Hadits, 53(9), 1689–1699.
Karthikeyan, K. (2023). CFD Analysis of Air Intake Manifold System to Improve the Efficiency of Student Formula Car. International Journal of Vehicle Structures and Systems, 15(6), 833–835. https://doi.org/10.4273/ijvss.15.6.18
Liu, G. (2024). Design and Optimization of Steering-by-Wire System for FSAC Racing Car. Smart Innovation, Systems and Technologies, 374, 3–29. https://doi.org/10.1007/978-981-99-7011-7_1 DOI: https://doi.org/10.1007/978-981-99-7011-7_1
Merton, H. (2023). Deep Reinforcement Learning for Local Path Following of an Autonomous Formula SAE Vehicle. Australasian Conference on Robotics and Automation, ACRA.
Neto, R. S. (2023). Performance Prediction of a 4WD High-Performance Electric Vehicle Using a Model-Based Torque-Vectoring Approach. World Electric Vehicle Journal, 14(7). https://doi.org/10.3390/wevj14070183 DOI: https://doi.org/10.3390/wevj14070183
Pahleviannur, M. R. (2022). Penentuan Prioritas Pilar Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Pena Persada. DOI: https://doi.org/10.31237/osf.io/6ghyz
Pahleviannur, M. R., Wulandari, D. A., Sochiba, S. L., & Santoso, R. R. (2020). Strategi Perencanaan Pengembangan Pariwisata untuk Mewujudkan Destinasi Tangguh Bencana di Wilayah Kepesisiran Drini Gunungkidul. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 29(2), 116–126. DOI: https://doi.org/10.23917/jpis.v29i2.9692
Prihadnyana, Y., Widyana, G., & Dantes, K. R. (2017). Analisis Aerodinamika Pada Permukaan Bodi Kendaraan Mobil Listrik Gaski (Ganesha Sakti) Dengan Perangkat Lunak Ansys 14.5 Oleh Universitas Pendidiakan Ganesha Mobil yang memiliki bodi yang Aerodinamis memiliki banyak hal yang. Jurnal Jurusan Pendidikan Teknik Mesin, 08(02), 1–12. DOI: https://doi.org/10.23887/jjtm.v5i2.11246
Sam Jhon, J., & Suryo Utomo, T. (2017). Analisis Aerodinamika Body Mobil Hemat Energi Antawirya Residual-Sat Dengan Menggunakan Metode Computational Fluid Dynamics. Jurnal Teknik Mesin, 5(1), 50–59.
Sasikumar, A. (2023). Effects of Radiator Angle and Sidepod Profile on Aerodynamic Performance of a Race Car. Journal of Advanced Research in Fluid Mechanics and Thermal Sciences, 104(2), 139–152. https://doi.org/10.37934/arfmts.104.2.139152 DOI: https://doi.org/10.37934/arfmts.104.2.139152
Shah, S. S. (2023). Design, Development, and Validation of an Intake System for an FSAE Racecar. Green Energy and Technology, 401–413. https://doi.org/10.1007/978-981-16-8274-2_27 DOI: https://doi.org/10.1007/978-981-16-8274-2_27
Sholikin, M. F., & Wailandouw, A. G. (2014). Karakteristik Aliran Pada Kendaraan Menyerupai MPV Dengan Penambahan Front Spoiler. Jurnal Teknik Mesin, 03(02), 1–8.
Sochib, M., & Hidayatulloh, A. R. (2018). Perancangan Instalasi Pompa Air Dari Mata Air Danau Ngipik Ke Tandon Penampung Perumahan Kapasitas 900L/Jam. Jurnal Keilmuan dan Terapan Teknik, 07(02), 164–173.
Subagyo, R. (2023). Effect ofFront Roll Hoop Chassis Length of FSAE Car on Stress Analysis and Deflection. International Review of Mechanical Engineering, 17(2), 63–70. https://doi.org/10.15866/ireme.v17i2.22318 DOI: https://doi.org/10.15866/ireme.v17i2.22318
Sultan, A. D., Mulyani, S., & Yusuf, W. A. (2020). Analysis of the Effect of Cross-sectional Area on Water Flow Velocity by Using Venturimeter Tubes. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(1), 94–99. DOI: https://doi.org/10.26618/jpf.v8i1.3199
Yamin, M., & Darussalam. (n.d.). Analisis Aerodinamika Pada Body Car Dengan Menggunakan Software Berbasis Computational Fluid Dynamics (CFD).
Yogatama, M., & Trisno, R. (2018). Studi Koefisien drag Aerodinamika Pada Model Ahmed Body Terbalik Berbasis Metode Numerik. Jurnal Teknik Mesin, 7(01), 10–14. DOI: https://doi.org/10.22441/jtm.v7i1.2235
Yudhatama, I. W., Hidayat, M. I. P., & Jatimurti, W. (2018). Simulasi Computational Fluid Dynamics (CFD) Erosi Partikel Pasir dalam Aliran Fluida Gas Turbulen pada Elbow Pipa Vertikal – Horizontal. Jurnal Teknik ITS, 7(2), 134–139. DOI: https://doi.org/10.12962/j23373539.v7i2.30445
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Yuniarko Indrawan, Mulyadi Mulyadi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.