Implementasi Online Marketplace pada Industri Rumahan di Desa Bluru Permai Sidoarjo
DOI:
https://doi.org/10.47134/innovative.v2i4.90Keywords:
Market, Strategi, Daya SaingAbstract
UMKM atau Usaha Mikro Kecil Menengah merupakan kegiatan yang dapat memperluas lapangan pekerjaan dan dapat membantu ibu-ibu rumah tangga yang kreatif. Dengan adanya UMKM ibu-ibu dapat mengasah kekreatifan dan inovasi-inovasi, dan tidak hanya itu hasil dari kekreativitasannya dapat menghasilkan uang tambahan dengan cara di jual di pasar atau di rumah. Akan tetapi di era modern seperti ini UMKM sulit berkembang dikarenakan banyaknya saingan-saingan seperti perusahaan-perusahaan besar. Perkembangan UMKM pada saat ini terbilang lambat dikarenakan ketertinggalan, menggunakan atau mengadopsi teknologi modern. Dengan adanya perusahan-perusahan ini UMKM harus mengikuti kemajuan teknologi seperti ini agar dapat bersaing dengan perusahaan-perusahan besar ini dan dapat melebarkan target customer mereka. Dengan adanya permasalahan ini terdapat sebuah solusi yaitu pembuatan program atau web. Dengan adanya web atau program ini di harapkan dapat membantu meringankan permasalah-permasalahan yang ada di umkm tersebut. web ini di buat dengan metode waterfall, Metode waterfall adalah pendekatan terstruktur dan terurut dalam pengembangan perangkat lunak yang dimulai dengan analisis kebutuhan pengguna dan diakhiri dengan dukungan terhadap perangkat lunak yang dikembangkan secara keseluruhan. Pendekatan ini meliputi tahapan perencanaan, permodelan, konstruksi, dan penyerahan sistem ke pengguna akhir. dengan metode ini dapat terbuatlah sebuah web yang dapat membantu umkm tersebut.
References
Abdul Wahid, A. (2020). Analisis Metode Waterfall Untuk Pengembangan Sistem Informasi. J. Ilmu-Ilmu Inform. Dan Manaj. STMIK, November, 1–5.
Afrilia, A. M. (2018). Digital marketing sebagai strategi komunikasi pemasaran “Waroenk Ora Umum” dalam meningkatkan jumlah konsumen. J. Ris. Komun., 1(1), 147–157. https://doi.org/10.24329/jurkom.v1i1.21 DOI: https://doi.org/10.24329/jurkom.v1i1.21
Afyenni, R. (2014). Perancangan data flow diagram untuk Sistem informasi sekolah (studi kasus pada sma pembangunan Laboratorium unp). J. Teknoif Tek. Inform. Inst. Teknol. Padang, 2(1), 35–39.
Braggion, F. (2023). Household Credit and Regulatory Arbitrage: Evidence from Online Marketplace Lending. Management Science, 69(10), 6271–6292. https://doi.org/10.1287/mnsc.2022.4592 DOI: https://doi.org/10.1287/mnsc.2022.4592
Cant, M. C., & Wiid, J. A. (2016). The use of traditional marketing tools by SMEs in an emerging economy: A South African perspective. Probl. Perspect. Manag., 14(1), 64–70. DOI: https://doi.org/10.21511/ppm.14(1).2016.07
Cheng, X. (2023). Optimal promotion strategies of online marketplaces. European Journal of Operational Research, 306(3), 1264–1278. https://doi.org/10.1016/j.ejor.2022.08.020 DOI: https://doi.org/10.1016/j.ejor.2022.08.020
Gao, S. Y. (2023). Optimal channel strategy of luxury brands in the presence of online marketplace and copycats. European Journal of Operational Research, 308(2), 709–721. https://doi.org/10.1016/j.ejor.2022.11.053 DOI: https://doi.org/10.1016/j.ejor.2022.11.053
Grabara, D. (2024). Sustainable E-commerce in the Perspective of SDGs and Online Marketplaces. Adoption of Emerging Information and Communication Technology for Sustainability, 172–191. https://doi.org/10.1201/9781003316572-12 DOI: https://doi.org/10.1201/9781003316572-12
Hirose, Y. (2024). Resale regulations in online marketplaces during the COVID-19 pandemic. Applied Stochastic Models in Business and Industry. https://doi.org/10.1002/asmb.2847 DOI: https://doi.org/10.1002/asmb.2847
Hu, H. (2023). Reselling, consignment or In-Marketplace selling Mode? Competitive strategy for E-tailers to counteract online third-party marketplaces. Transportation Research Part E: Logistics and Transportation Review, 176. https://doi.org/10.1016/j.tre.2023.103190 DOI: https://doi.org/10.1016/j.tre.2023.103190
Khulbe, S. (2024). Development of an Online Collectable Items Marketplace Using Modern Practices of SDLC and Web Technologies. Lecture Notes in Networks and Systems, 796, 61–73. https://doi.org/10.1007/978-981-99-6906-7_6 DOI: https://doi.org/10.1007/978-981-99-6906-7_6
Li, J. (2024). The fulfillment service in online marketplaces. European Journal of Operational Research. https://doi.org/10.1016/j.ejor.2024.01.003 DOI: https://doi.org/10.1016/j.ejor.2024.01.003
Li, L. (2023). Integrating logistics service or not? The role of platform entry strategy in an online marketplace. Transportation Research Part E: Logistics and Transportation Review, 170. https://doi.org/10.1016/j.tre.2022.102991 DOI: https://doi.org/10.1016/j.tre.2022.102991
Pahleviannur, M. R. (2022). Penentuan Prioritas Pilar Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Pena Persada. DOI: https://doi.org/10.31237/osf.io/6ghyz
Pratiwi, Y. A., Ginting, R. U., Situmorang, H., & Sitanggang, R. (2020). Perancangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Di Smp Rahmat Islamiyah. J. Teknol. Kesehat. Dan Ilmu Sos., 2(1), 27–32.
Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan digital marketing bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. J. Pemberdaya. Masy. Madani, 1(1), 1–17. DOI: https://doi.org/10.21009/JPMM.001.1.01
Putra, R. H., & Astutik, I. R. I. (2022). Design and build a web-based CCTV sales information system. Indones. J. Innov. Stud., 20, 10–21070. DOI: https://doi.org/10.21070/ijins.v20i.732
Rahmawati, N. A., & Bachtiar, A. C. (2018). Analisis dan perancangan sistem informasi perpustakaan sekolah berdasarkan kebutuhan sistem. Berk. Ilmu Perpust. Dan Inf., 14(1), 76–86. DOI: https://doi.org/10.22146/bip.28943
Reimers, V., Chao, C.-W., & Gorman, S. (2016). Permission email marketing and its influence on online shopping. Asia Pacific J. Mark. Logist., 28(2). DOI: https://doi.org/10.1108/APJML-03-2015-0037
Ridlo, I. A. (2017). Panduan pembuatan flowchart. Fak. Kesehat. Masy., 11(1), 1–27.
Rodríguez, N. N. (2023). Exceptionalist narratives and faceless clip art: Critically analyzing Indigenous history resources found on online curriculum marketplaces. Teaching and Teacher Education, 124. https://doi.org/10.1016/j.tate.2022.104009 DOI: https://doi.org/10.1016/j.tate.2022.104009
Setiawati, I., & Widyartati, P. (2017). Pengaruh strategi pemasaran online terhadap peningkatan laba UMKM. Proceedings, 1(1).
Wibowo, D. H., & Zainul Arifin, S. (2015). Analisis strategi pemasaran untuk meningkatkan daya saing UMKM (Studi pada Batik Diajeng Solo). J. Adm. Bisnis, 29(1).
Wu, R. (2023). When Karma strikes back: A model of seller manipulation of consumer reviews in an online marketplace. Journal of Business Research, 155. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2022.113316 DOI: https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2022.113316
Xiang, J. (2024). Price dispersion in an online health marketplace: Evidence from telemedicine services in China. Economics Letters, 234. https://doi.org/10.1016/j.econlet.2023.111435 DOI: https://doi.org/10.1016/j.econlet.2023.111435
Yanti, S. F., Lestari, Y. D., & Hidayat, D. (2022). Sistem Informasi Untuk Menentukan Penerimaan Bantuan Program Keluarga Harapan Di Kelurahan Pasar Merah Timur. J. Tekinkom (Teknik Inf. Dan Komputer), 5(2), 409–418. DOI: https://doi.org/10.37600/tekinkom.v5i2.689
Zha, Y. (2023). Strategic Information Sharing of Online Platforms as Resellers or Marketplaces. Marketing Science, 42(4), 659–678. https://doi.org/10.1287/mksc.2022.1397 DOI: https://doi.org/10.1287/mksc.2022.1397
Zheng, J. (2023). Platform Refund Insurance or Being Cast Out: Quantifying the Signaling Effect of Refund Options in the Online Service Marketplace. Information Systems Research, 34(3), 910–934. https://doi.org/10.1287/isre.2022.1162 DOI: https://doi.org/10.1287/isre.2022.1162
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ifanda Reza Damasta, Mochamad Alfan Rosid, Ade Eviyanti, Uce Indahyanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.