Mengembangkan Digital Marketing, Citra Merek dan Brand Awaraness untuk Meningkatkan Keputusan Pembelian Tas pada Pusat Grosir Tas Tanggulangin Sidoarjo

Authors

  • Yamul Furqaan Al Madani Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Dewi Komala Sari Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.47134/innovative.v1i1.80

Keywords:

digital marketing, citra merek, brand awaraness, keputusan pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengeruh digital marketing, citra merek dan brand awareness terhadap keputusan pembelian pada tas pusat grosir tas Tanggulangin Sidoarjo. Sampel pada Penelitian ini dengan metode pengambilan sampel non probability [sampling dengan teknik Aceedental sampling pada pelanggan tas PUSGITTA. Teknik pengumpulan data menggunanakan kuisoner yang didistribusikan atau disebarkan melalui jot form dengan mengambil 96 responden dalam pengambilan sampel penelitian ini. Teknik analisis yang digunakan penlitian ini regresi linier berganda dengan hasil penelitian menjukkan bahwa digital marketing berpengaruh negatif terhadap keputusan pembelian tas di PUSGITTA dengan nilai t hitung (-1.180) dan nilai signifikasi 0.241. Citra merek berpengaruh positif dan siginifikan terhadap keputusan pembelian tas di PUSGITTA dengan nilai t hitung 4.648 dan nilai signifikansi 0.000. Brand  awareness berpengaruh positif dan siginifikan terhadap keputusan pembelian tas di PUSGITTA dengan nilai t hitung 5.241 dan nilai signifikansi 0,000.

References

Afrilia, A. M. (2018). Digital Marketing Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran ‘Waroenk Ora Umum’ Dalam Meningkatkan Jumlah Konsumen. Jurnal Riset Komunikasi, 1(1), 147–57. https://doi.org/10.24329/jurkom.v1i1.21 DOI: https://doi.org/10.24329/jurkom.v1i1.21

Amilia, S. (2017). Pengaruh Citra Merek, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiaomi Di Kota Langsa. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 6(1).

Andriani, D. (2019). Pengaruh Brand Awareness Dan Brand Image Marketplace Shopee Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Makassar. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Chaffey, D., & Smith, P. R. (2013). Emarketing Excellence: Planning and Optimizing Your Digital Marketing. 4th Edition. USA: Routladge. DOI: https://doi.org/10.4324/9780203082812

Ermawati, P. W., Sudiro, A., & Khusniyah, N. (2016). Pengaruh Kesadaran Merek Dan Asosiasi Merek Terhadap Ekuitas Merek Pada Pelanggan Hypermarket Di Kota Malang. Jurnal Aplikasi Manajemen, 14(2), 373–86. https://doi.org/10.18202/jam23026332.14.2.19 DOI: https://doi.org/10.18202/jam23026332.14.2.19

Firdaus, R. A., & Sari, D. K. (2022). Pengaruh Digital Marketing, Brand Image, dan Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian pada Rumah Makan. Jurnal Business and Economics Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Vol.7.

Firmansyah, A. (2019). Pemasaran Produk Dan Merek (Planning & Strategy). Buku Pemasaran Produk Dan Merek. Cetakan Pertama. Pasuruan: CV.Penerbit Qiara Media.

Gifani, A., & Syahputra. (2017). Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Smartphone Oppo pada Mahasiswa Universitas Telkom. Bisnis dan Iptek, 10(02).

Haryono, N., & Octavia, R. (2020). Analisis Pengaruh Citra Merek Dan Mutu Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Konsumen. Jurnal Industri Elektro Dan Penerbangan, 4(1), 20–27.

Irvanto, O., & Sujana. (2020). Pengaruh Desain Produk, Pengetahuan Produk, Dan Kesadaran Merek Terhadap Minat Beli Produk Eiger. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 8(2), 105–26. https://doi.org/10.37641/jimkes.v8i2.331. DOI: https://doi.org/10.37641/jimkes.v8i2.331

Kadafi, M. (2017). Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pompa Merek Grundfos Pada Pt. Raja Indo Di Makassar. E-Journal Unsrat, 2(1).

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing Management, Edisi 14 Global Edition. New Jersey: Prentice Hall.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Manajemen Pemasaran. Edisi 14. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2017). Manajemen Pemasaran. Edisi 12 Jilid 1. Jakarta: PT Indeks.

Kusumastuti, A., & Khoiron, A. M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif. Cetakan Pertama. Lembaga Pendidikan Sukarno Pressindo (LPSP).

Lubis, D. I. D., & Hidayat, R. (2017). Pengaruh Citra Merek Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Sukma Medan. Dictionary of Statistics & Methodology, 5(1), 15–24. https://doi.org/10.4135/9781412983907.n1598. DOI: https://doi.org/10.4135/9781412983907.n1598

Millennium, A. S., Suardana, I. W., & Negara, I. M. K. (2021). “Pengaruh Digital Marketing Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Pada Startup Bike Rental Bananaz Bali.” Jurnal IPTA (Industri Perjalanan Wisata, 9(1), 173. https://doi.org/10.24843/ipta.2021.v09.i01.p17 DOI: https://doi.org/10.24843/IPTA.2021.v09.i01.p17

Noviati, K. (2020). Pengaruh Digital Marketing, Brand Awareness Dan Word Of Mouth Communication Terhadap Keputusan Pembelian Dishopee (Sekolah Studi Ilmu Ekonomi Yayasan Keluarga Pahlawan Negara Yogyakarta). Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 01(1).

Purnama, L., Suyani, T., & Hardipamungkas, N. E. (2020). Pengaruh Citra Merek, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Online Gojek Di Kota Tanggerang. Jurnal Ilmu. Manajemen Ubhara, 2(1). DOI: https://doi.org/10.31599/jmu.v2i1.739

Putri, C. S. (2016). Pengaruh Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Cherie Melalui Minat Beli. Performa: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 1(5), 594–603.

Rapitasari, D. (2016). Digital Marketing Berbasis Aplikasi Sebagai Strategi Meningkatkan Kepuasaan Pelanggan. Jurnal Cakrawala, 10(2), 107–12.

Rasyid, H. A., & Indah, A. T. (2015). Pengaruh Inovasi Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha di Kota Tangerang Selatan. Jurnal Perspektif, 16(1), 39–49. doi: 2550-1178.

Retnasary, M., Setiawati, S. D., Fitriawati, D., & Anggara, R. (2019). Pengelolaan Media Sosial Sebagai Strategi Digital Marketing Pariwisata. Jurnal Kajian Pariwisata, 1(1), 76–83.

Ryan, D., & Jones, C. (2012). Understanding Digital Marketing. 2nd Edition. London: Kogan Page Limited.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif, Dan R&D. Cetakan Ke-19. Bandung: Alfabeta.

Tajudin, M. H., & Mulazid, A. S. (2017). Pengaruh Promosi, Kepercayaan Dan Kesadaran Merek Terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Produk Tabungan Haji (Mabrur) Bank Syariah Mandiri Kcp. Sawangan Kota Depok. Islamiconomic: Jurnal Ekonomi Islam, 8(1), 19–46. https://doi.org/10.32678/ijei.v8i1.64. DOI: https://doi.org/10.32678/ijei.v8i1.64

Wulandari, R. D., & Iskandar, D. A. (2018). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Kosmetik. 3, 11–18. DOI: https://doi.org/10.36226/jrmb.v3i1.81

Zulaicha, S., & Irawati, R. (2016). Pengaruh Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Morning Bakery Batam. Inovbiz: Jurnal Inovasi Bisnis, 4(2), 123. https://doi.org/10.35314/inovbiz.v4i2.76. DOI: https://doi.org/10.35314/inovbiz.v4i2.76

Downloads

Published

2022-03-31

How to Cite

Madani, Y. F. A. ., & Sari, D. K. (2022). Mengembangkan Digital Marketing, Citra Merek dan Brand Awaraness untuk Meningkatkan Keputusan Pembelian Tas pada Pusat Grosir Tas Tanggulangin Sidoarjo . Innovative Technologica: Methodical Research Journal, 1(1), 18. https://doi.org/10.47134/innovative.v1i1.80

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)