Pengaruh Kinerja Lingkungan, Leverage, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Corporate Social Responsibility (Studi Empiris pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2020
DOI:
https://doi.org/10.47134/innovative.v1i4.45Keywords:
tanggung jawab sosial perusahaan, kinerja lingkungan, leverage, ukuran perusahaanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kinerja lingkungan, leverage, dan ukuran perusahaan terhadap tanggung jawab sosial perusahaan di perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Periode penelitian ini adalah 2016-2020. Populasi penelitian ini mencakup perusahaan pertambangan yang mencakup sektor batuan, sektor batu bara, sektor minyak dan gas alam, serta sektor udara logam dan mineral yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) untuk periode 2016-2020. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah non-probabilitas dengan purposive sampling dengan kriteria tertentu. Data populasi dalam penelitian ini adalah 32 perusahaan, dan diperoleh sampel sebanyak 85 perusahaan. Metode analisis data yang digunakan adalah SPSS 26. Hasil penelitian menyatakan bahwa variabel kinerja lingkungan memiliki pengaruh signifikan terhadap tanggung jawab sosial perusahaan, leverage memiliki pengaruh signifikan terhadap tanggung jawab sosial perusahaan, dan ukuran perusahaan memiliki pengaruh signifikan terhadap tanggung jawab sosial perusahaan.
References
Alfiyah, S. N. (2019). Effect of Profitability and Leverage on Disclosure of Corporate Social Responsibility in Islamic Commercial Banks. Journal of Financial Islam and Banking, 2(1), 133-149. https://doi.org/10.22515/jfib.v1i2.1494 DOI: https://doi.org/10.22515/jfib.v1i2.1494
Beji, R. (2021). Board Diversity and Corporate Social Responsibility: Empirical Evidence from France. Journal of Business Ethics, 173(1), 133–155. https://doi.org/10.1007/s10551-020-04522-4 DOI: https://doi.org/10.1007/s10551-020-04522-4
Benlemlih, M. (2018). Corporate Social Responsibility and Investment Efficiency. Journal of Business Ethics, 148(3), 647–671. https://doi.org/10.1007/s10551-016-3020-2 DOI: https://doi.org/10.1007/s10551-016-3020-2
Buchanan, B. (2018). Corporate social responsibility, firm value, and influential institutional ownership. Journal of Corporate Finance, 52, 73–95. https://doi.org/10.1016/j.jcorpfin.2018.07.004 DOI: https://doi.org/10.1016/j.jcorpfin.2018.07.004
Cao, J. (2019). Peer effects of corporate social responsibility. Management Science, 65(12), 5487–5503. https://doi.org/10.1287/mnsc.2018.3100 DOI: https://doi.org/10.1287/mnsc.2018.3100
Chen, T. (2020). Institutional shareholders and corporate social responsibility. Journal of Financial Economics, 135(2), 483–504. https://doi.org/10.1016/j.jfineco.2019.06.007 DOI: https://doi.org/10.1016/j.jfineco.2019.06.007
Dyck, A. (2019). Do institutional investors drive corporate social responsibility? International evidence. Journal of Financial Economics, 131(3), 693–714. https://doi.org/10.1016/j.jfineco.2018.08.013 DOI: https://doi.org/10.1016/j.jfineco.2018.08.013
Erawati, T., Ayem, S., & Ayudiyati, P. (2018). Pengaruh Ukuran Perusahaan Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responbility Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderating Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2016. Jurnal Riset Akuntansi, 3(1), 136–. DOI: https://doi.org/10.24912/jmbk.v3i5.6084
Fitriyah, F. (2020). Pengaruh corporate governance, ukuran perusahaan dan leverage terhadap corporate social responsibility (Studi empiris pada perusahaan manufaktur yang terdaftar tahun 2014-2017 di Bursa Efek Indonesia). Indonesia Accounting Journal, 2(2), 173. https://doi.org/10.32400/iaj.30569 DOI: https://doi.org/10.32400/iaj.30569
Galleh & Riharjo. (2020). Pengaruh dari profitabilitas, ukuran perusahaan, leverageterhadap corporate social responsibility pada Perusahaan food and beverage terdaftar dalam BEI tahun 2016-2018. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi ISSN: 2460-0585, Vol 9 No 12 (2020): Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Pogram IBM SPSS” Edisi Sembilan. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Haqiqi, G. R., & Riharjo, I. B. (2020). Pengaruh dari profitabilitas, ukuran perusahaan, leverage terhadap corporate social responsibility pada Perusahaan food and beverage terdaftar dalam BEI tahun 2016-2018. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, 9(12), 1-16.
Hermawan, S., & Amirullah. (2021). Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif & kualitatif. Metode Penelitian Bisnis Bandung, 264. DOI: https://doi.org/10.21070/2022/978-623-464-047-2
Hidayat, D. W. W. (2017). The Influence of Size, Return on Equity, and Leverage on the disclosure of the Corporate Social Responsibility (CSR) in Manufacturing Companies. International Journal of Education and Research, 8(5), 57-66.
Indrayenti, & Jenny. (2018). Analisis Pengaruh Ukuran Perusahaan, Ukuran Dewan Komisaris, Profitabilitas, Dan Leverage Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Pada Sektor Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2016. Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 9(2), 1-13. https://doi.org/10.36448/jak.v9i2.1093 DOI: https://doi.org/10.36448/jak.v9i2.1093
Istiqomah, S., & Amanah, L. (2021). Pengaruh Kinerja Keuangan, Kapitalisasi Pasar dan Ukuran Perusahaan terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, 10(2), 1–18. DOI: https://doi.org/10.17509/jpak.v10i1.43091
Khafifah, U., Zuliyanti, & Budiman, N. A. (2021). Pengaruh Laverage , Likuiditas dan Ukuran Perusahaan Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility Dengan Kepemilikan Institusional Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Riset Akuntansi Dan Perbankan, 15(1), 388–403.
Manurung, D. T. H., Kusumah, R. W. R., Hapsari, D. W., & Husnatarina, F. (2017). Effect of Corporate Governance, Financial Performance and Environmental Performance on Corporate Social Responsibility Disclosure. International Journal of Arts and Commerce, 5(6), 15-28.
Ng, T. W. H. (2019). Employee perceptions of corporate social responsibility: Effects on pride, embeddedness, and turnover. Personnel Psychology, 72(1), 107–137. https://doi.org/10.1111/peps.12294 DOI: https://doi.org/10.1111/peps.12294
Nurlaila, N., Lubis, A. F., Bukit, R., & Fachruddin, K. A. (2017). The Influence of Stakeholder Pressure and Environmental Performance on Corporate Social and Environmental Disclosure and its Implication on the Value of the Firm (The Study on Mining Companies Listed at Indonesia Stock Exchange in 2011-2015). International Journal of Economic Research, 15(14), 353-369.
Putri, R., Zulbahridar, Z., & Kurnia, P. (2017). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage, Likuiditas, Dan Basis Kepemilikan Terhadap Corporate Social Responsibility Pada Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (Bei) Periode Tahun 2012-2014. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Riau, 4(1), 558–571.
Rakhiemah, A. N., & Agustia, D. (2012). Pengaruh Kinerja Lingkungan terhadap Corporate Social Responsibility (CSR) Disclosure dan Kinerja Finansial Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Indonesia. Universitas Airlangga, 1–31. DOI: https://doi.org/10.21831/nominal.v1i2.1002
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Islamiya Ariyanti, Sigit Hermawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.