Pengaruh Financial Literacy, Financial Behavior, Digital Payment dan Paylater terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa di Era Pandemi COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.47134/innovative.v1i4.44Keywords:
financial literacy, financial behavior, digital payment, paylater, perilaku konsumtif, pandemi covid-19Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang pengaruh diantara financial literacy, financial behavior, digital payment dan paylater terhadap perilaku konsumtif mahasiswa di era pandemi covid-19. Metode penelitian ini menggunakan kuantitatif, pengumpulan data dilakukan dengan melakukan penyebaran kuesioner melalui google form, teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling. Hasil dalam penelitian ini memperlihatkan bahwa, tidak terdapat pengaruh secara signifikan antara Financial Literacy dengan Perilaku Konsumtif mahasiswa di era pandemi covid-19, disebabkan karena meskipun mahasiswa akuntansi mempunyai literasi keuangan yang baik daripada mahasiswa jurusan lainnya tetapi jarang sekali menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Tidak terdapat pengaruh secara signifikan antara Financial Behavior dengan Perilaku Konsumtif mahasiswa di era pandemi covid-19, disebabkan karena adanya faktor lain yang lebih mempengaruhi perilaku konsumtif. Tidak terdapat pengaruh secara signifikan antara Digital Payment dengan Perilaku Konsumtif mahasiswa di era pandemi covid-19, disebabkan karena meskipun terdapat kemudahan dalam pembayaran digital tetapi jika tidak memiliki dana yang cukup maka tidak bisa berperilaku konsumtif. Paylater Berpengaruh secara signifikan terhadap Perilaku Konsumtif mahasiswa di era pandemi covid-19, disebabkan karena paylater memberikan dukungan dana yang cukup dan pembayarannya bisa dicicil serta persyaratan mudah dan proses yang cepat.
References
Akmalia, A. (2023). Effect of Financial Literacy, Lifestyle and Self-Control on Consumptive Behavior Considering Students of University of Muhammadiyah Yogyakarta in Indonesia. Lecture Notes on Data Engineering and Communications Technologies, 182, 361–371. https://doi.org/10.1007/978-3-031-40971-4_34 DOI: https://doi.org/10.1007/978-3-031-40971-4_34
Amaliyah, A. (2022). Antecedents of consumptive behavior prior to the celebration of Eid Al-Fitr during the Covid-19 pandemic. Transnational Marketing Journal, 10(1), 61–70. https://doi.org/10.33182/tmj.v10i1.1803 DOI: https://doi.org/10.33182/tmj.v10i1.1803
Budiansyah, A. (2020). Apa itu virus corona dan cirinya menurut who. CNBC Indonesia. https://www.cnbcindonesia.com/tech/20200316135138-37-145175/apa-itu-virus-corona-dan-cirinya-menurut-situs-who
Darwis. (2020). The culture of life’s consumptive behavior against potential hypertension at pangkep community in south sulawesi Indonesia. Indian Journal of Forensic Medicine and Toxicology, 14(4), 857–861. https://doi.org/10.37506/ijfmt.v14i4.11599 DOI: https://doi.org/10.37506/ijfmt.v14i4.11599
Dilasari. (2020). Pengaruh Financial Literacy, Financial Behaviour, Financial Attitude, Lifestyle, Locus of Control dan Demografi Terhadap Perilaku Konsumtif. Prisma (Platform Riset Mahasiswa Akuntansi), 1(4), 74–87.
Fajar, S. (2019). Literasi Keuangan : Pengertian,Indikator dan Faktor yang Mempengaruhi. Warta Ekonomi. https://wartaekonomi.co.id/read220393/apa-itu-literasi-keuangan
Fauzi, I. S. N., & Sulistyowati, A. (2022). Literasi Keuangan Dan Perilaku Keuangan Berpengaruh Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Player Call Of Duty: Mobile. Jurnal Kajian Ilmiah, 22(2), 129–142. https://doi.org/10.31599/jki.v22i2.730
Gonggo, R. A. (2021). Pengaruh Literasi Keuangan, Opportunity Cost, Nilai Guna, Pengendalian Diri dan Manfaat dari Mobile Banking Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Selama Pandemi Covid-19.
Herlin. (2023). Analysis the Use of Pay-later System on E-commerce towards the Consumptive Behavior of Higher Education Students. 2023 10th International Conference on Information Technology, Computer, and Electrical Engineering, ICITACEE 2023, 271–275. https://doi.org/10.1109/ICITACEE58587.2023.10276992 DOI: https://doi.org/10.1109/ICITACEE58587.2023.10276992
S. N. Fauzi and A. Sulistyowati, “Literasi Keuangan Dan Perilaku Keuangan Berpengaruh Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Player Call Of Duty: Mobile,” J. Kaji. Ilm., vol. 22, no. 2, pp. 129–142, 2022, doi: 10.31599/jki.v22i2.730. DOI: https://doi.org/10.31599/jki.v22i2.730
Indonesia, B. (2020). Edukasi dan Perlindungan Konsumen SP. https://www.bi.go.id/id/edukasi-perlindungan-konsumen/edukasi/produk-dan-jasa-sp/fintech/Pages/default.aspx
Iqbal, & Muh.ibnu. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Institut Agama Islam negeri (iain) manado (Vol. 1, Issue 1).
Jamaludin, F. (2021). Pemakaian Paylater Meningkat Selama Pandemi. Merdeka.Com. https://m.merdeka.com/teknologi/riset-pemakaian-paylater-meningkat-selama-pandemi.html
Lubis, R. H. (2022). Penggunaan Dompet Digital dan Wallet Terhadap Budaya Konsumtif pada Masyarakat di Kota Tangerang Serta Pandangan Syariah Tentang Etika Konsumsi. Al-Tasyree: Jurnal Bisnis, Keuangan Dan Ekonomi Syariah, 2(1), 1–10.
Mowen, & Michael. (2002). Perilaku Konsumen. Erlangga.
Muawaliyah, W. (2023). Consumptive Behavior in Female University Students: Qana’ah and Hedonic Lifestyle as Predictors. Islamic Guidance and Counseling Journal, 6(1), 70–82. https://doi.org/10.25217/igcj.v6i1.3241 DOI: https://doi.org/10.25217/igcj.v6i1.3241
O. Udayanthi, N. T. Herawati, and I. P. Julianto, “Pengaruh Literasi Keuangan, Kualitas Pembelajaran dan Pengendalian Diri Terhadap Perilaku Konsumtif (Studi Empiris pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Program S1 Universitas Pendidikan Ganesha),” JIMAT (Jurnal Ilm. Mhs. Akuntansi), vol. 9, no. 2, pp. 195–208, 2018.
Partuti, T. (2019). Effect of online shopping on consumptive behaviour of female workers in Cilegon, Banten, Indonesia. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 673(1). https://doi.org/10.1088/1757-899X/673/1/012084 DOI: https://doi.org/10.1088/1757-899X/673/1/012084
Populix. (2021). Perilaku Konsumen. https://www.info.populix.co/post/perilaku-konsumen
Putri, E., Pramudita, A. E., Akbar, A. M., Akuntansi, P. S., Ekonomi, F., & Muhammadiyah, U. (2022). FINANCIAL BEHAVIOR DAN E-MONEY PADA PERILAKU HEDONISME DI ERA PANDEMI COVID-19. Journal Name, 11(1), 66–72. DOI: https://doi.org/10.35906/equili.v11i1.989
A. Gonggo, “Pengaruh Literasi Keuangan, Opportunity Cost, Nilai Guna, Pengendalian Diri dan Manfaat dari Mobile Banking Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Selama Pandemi Covid-19,” 2021.
H. Lubis, “Penggunaan Dompet Digital dan Wallet Terhadap Budaya Konsumtif pada Masyarakat di Kota Tangerang Serta Pandangan Syariah Tentang Etika Konsumsi,” Al-Tasyree J. Bisnis, Keuang. dan Ekon. Syariah, vol. 2, no. 1, pp. 1–10, 2022. DOI: https://doi.org/10.59833/altasyree.v14i01.710
Rachmah, H. (2021). Tabdzir prohibition education in overcoming consumptive behavior. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 747(1). https://doi.org/10.1088/1755-1315/747/1/012023 DOI: https://doi.org/10.1088/1755-1315/747/1/012023
Fajar, “Literasi Keuangan : Pengertian,Indikator dan Faktor yang Mempengaruhi,” Warta Ekonomi, 2019. https://wartaekonomi.co.id/read220393/apa-itu-literasi-keuangan.
Saadah, M. (2021). Pentingnya Literasi Keuangan. Kumparan. https://m-kumparan-com.cdn.ampproject.org
Septiani, W. (2023). An Analysis on the Impact of Financial Literacy, Self-control, and Self-concept on Consumptive Behavior: A Case Study Considering Students of STIE Totalwin Semarang in Indonesia. Lecture Notes on Data Engineering and Communications Technologies, 182, 336–348. https://doi.org/10.1007/978-3-031-40971-4_32 DOI: https://doi.org/10.1007/978-3-031-40971-4_32
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif dan R&D (28th ed.). Alfabeta.
Suryowati, E. (2021). 2021, Tren Pembayaran Digital di Indonesia Tumbuh Pesat. Jawa Pos. https://www.jawapos.com/ekonomi/finance/15/12/2021/2021-tren-pembayaran-digital-di-indonesia-tumbuh-pesat/
Suryowati, E. (2021). Tren Pembayaran Digital di Indonesia Tumbuh Pesat. Jawa Pos. Retrieved from https://www.jawapos.com/ekonomi/finance/15/12/2021/2021-tren-pembayaran-digital-di-indonesia-tumbuh-pesat/
Tan, V. (2023). The effect of promotion, expenditure budgeting, and consumptive behavior on Indonesians’ intention of using GoPay or ShopeePay. E3S Web of Conferences, 426. https://doi.org/10.1051/e3sconf/202342602060 DOI: https://doi.org/10.1051/e3sconf/202342602060
Udayanthi, N. O., Herawati, N. T., & Julianto, I. P. (2018). Pengaruh Literasi Keuangan, Kualitas Pembelajaran dan Pengendalian Diri Terhadap Perilaku Konsumtif (Studi Empiris pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Program S1 Universitas Pendidikan Ganesha). JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi), 9(2), 195–208.
Widiyanto, W. (2022). Locus of control as a mediating variable for the factors influencing consumptive behavior among students. Innovative Marketing, 18(4), 97–109. https://doi.org/10.21511/im.18(4).2022.09 DOI: https://doi.org/10.21511/im.18(4).2022.09
Zahra, D. R. (2021). The Influence of Lifestyle, Financial Literacy, and Social Demographics on Consumptive Behavior. Journal of Asian Finance, Economics and Business, 8(2), 1033–1041. https://doi.org/10.13106/jafeb.2021.vol8.no2.1033
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Indah Dwi Agustin, Fityan Izza Noor Abidin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.