Pengaruh Pinjaman Online terhadap Gaya Hidup Mahasiswa Akuntansi di Kabupaten Sidoarjo
DOI:
https://doi.org/10.47134/innovative.v2i2.29Keywords:
pinjaman online, gaya hidup, mahasiswa akuntansi, di kabupaten SidoarjoAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Pinjaman Online Terhadap Gaya Hidup Mahasiswa Akuntansi Di Kabupaten Sidoarjo. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah menggunakan perhitungan Rumus Slovin. Selain itu, Peneliti membuat kriteria tertentu siapa yang dijadikan sebagai responden. Kriteria responden yang akan diteliti adalah mahasiswa yang berada di Kabupaten Sidoarjo dan menggunakan Pinjaman Online. Sampel dalam penelitian ini adalah 95 Responden. Data yang digunakan adalah data primer. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Regresi Linear Berganda dengan SPSS 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pinjaman Online Terhadap Gaya Hidup. Pinjol adalah bagian dari inovasi di sektor keuangan atau sering disebut juga fintech. Syarat yang begitu mudah untuk mendapatkan akses pinjaman keuangan, membuat berbagai lapisan masyarakat dapat terbantu dengan modal segar dari lembaga penyedia, termasuk di kalangan mahasiswa sekalipun. Bahkan, dengan kemudahan akses pada pinjaman online sering kali pinjol dianggap “kartu kredit” bagi mahasiswa. Dengan adanya kemudahan pinjaman ini maka akan meningkatkan gaya hidup masyarakat.
References
Abdullah, T., & Tantri, F. (2016). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Angkasa, A. (2023). Illegal Online Loans in Indonesia: Between the Law Enforcement and Protection of Victim. Lex Scientia Law Review, 7(1), 119–178. https://doi.org/10.15294/lesrev.v7i1.67558 DOI: https://doi.org/10.15294/lesrev.v7i1.67558
Correia, F. (2022). Online financing without FinTech: Evidence from online informal loans. Journal of Economics and Business, 121. https://doi.org/10.1016/j.jeconbus.2022.106080 DOI: https://doi.org/10.1016/j.jeconbus.2022.106080
Fürstenau, B. (2019). Developing financial competence about mortgage loans by informal learning using banks’ online calculators. Empirical Research in Vocational Education and Training, 11(1). https://doi.org/10.1186/s40461-019-0085-z DOI: https://doi.org/10.1186/s40461-019-0085-z
Ghozali. (2018). Metode Penelitian. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Hambali, R., Arsa, A., & Zahara, A. E. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtif Masyarakat Desa Majelis Hidayah, Kecamatan Kuala Jambi, Kabupaten Tanjung Jabung Timur. 2, 1–10.
Hermawan, S., & Amirullah. (2016). Metodologi Penelitian Bisnis. Malang: Media Nusa Creative.
Kotler. (2012). Marketing Management: Analysis, Planning, Implementation and Control (Ninety ed.). New Jersey: Prentice Hall International Edition.
Laidler, K. (2019). Adaptation of interdental fricatives in English loanwords into Russian. Established versus online loans. Phonetics and Phonology in Action, 63–90.
Lee, J. (2022). The psychology of poverty and life online: natural experiments on the effects of smartphone payday loan ads on psychological stress. Information Communication and Society. https://doi.org/10.1080/1369118X.2022.2109982 DOI: https://doi.org/10.1080/1369118X.2022.2109982
Li, Z. (2019). Predicting Prepayment and Default Risks of Unsecured Consumer Loans in Online Lending. Emerging Markets Finance and Trade, 55(1), 118–132. https://doi.org/10.1080/1540496X.2018.1479251 DOI: https://doi.org/10.1080/1540496X.2018.1479251
Li, Z. (2023). The profitability of online loans: A competing risks analysis on default and prepayment. European Journal of Operational Research, 306(2), 968–985. https://doi.org/10.1016/j.ejor.2022.08.013 DOI: https://doi.org/10.1016/j.ejor.2022.08.013
Lillqvist, E. (2023). Cultural-affective process of market violence: Finnish instant loans in debtors’ online narratives. Consumption Markets and Culture. https://doi.org/10.1080/10253866.2023.2224230 DOI: https://doi.org/10.1080/10253866.2023.2224230
Liu, C. (2022). Model of online loan overdue prediction using fuzzy method. ACM International Conference Proceeding Series, 27–32. https://doi.org/10.1145/3561801.3561806 DOI: https://doi.org/10.1145/3561801.3561806
Lubis, A. H., Amelia, W. R., Ramadhani, S. N., Pane, A. A., & Aryza, S. (2019). Indonesian Millennials’ Behavior Intention to Online Shopping Through Instagram. International Journal of Scientific and Technological Research, 8(11), 2466–2471.
Mailanti, A. F. (2022). Dampak Pinjaman Berbasis Online di Kota Bengkulu Dalam Tinjauan Ekonomi Islam.
OECD. (2015). OECD Programme for International Student Assessment (PISA) Results in Focus.
Pradini, D. I., Hariyadi, I. Z., & Khoir, S. (2020). Kepastian Hukum Kredit Online. Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 5(1), 131-138. Retrieved from http://journal2.um.ac.id/index.php/jppk/article/view/7820/3749 DOI: https://doi.org/10.17977/um019v5i2p324-331
Pratiwi, T. W., Taufik, A. M., & G. (2022). Pinjaman Online Di Masa Pandemi Covid-19 Bagi Masyarakat Aceh. Prosiding Festival Riset Ilmiah Manajemen dan Akuntansi, 22(3), 851–856. doi:10.55916/Frima.v0i3.345 DOI: https://doi.org/10.55916/frima.v0i3.345
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Bagus Bachrul Salam Sugiarto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.